TIPS MEMILIH MARMER DAN GRANIT

TIPS MEMILIH MARMER

Tips Memilih Marmer
Sebelum memulai tips dan trik memilih marmer yang berasal dari metamorphosis atau malihan dari gunung kapur ini, banyak pertanyaan yang timbul sekitar batuan marmer. Sepertihalnya tentang harga bahan lantai marmer, kenapa harga marmer mahal dan apa yang membedakan bahan lantai marmer mahal dengan bahan lantai yang marmer murah.Awalnya material marmer jadi barang mahal karena ketersediaannya yang langka wajarkan setiap bahan baku yang langka selalu menjadi pendongkrak harga barang itu sendiri dan penggalian bahan baku marmer ini hanya tergantung hasil pertambangan di alam,maksudnya kita nggak bisa membuat sintetik barang ini sesuai dengan pertambangan alam.
Sedangkan faktor lain adalah proses pembuatannya yang melewati pemotongan bahan yang sangat berat pengerjaannya, pemilihan motif marmer yang tergantung dari jenis sumber daya alamnya, menyeragamkan warna dan batik marmer, serta finishing akhir bahan tersebut.

Untuk membedakan, marmer yang mahal dan murah berasal dari sistem seleksi produsen atau pabrikannya, walaupun batuan marmer yang kita pakai merupakan hasil produksi asli dalam negeri, bukan berarti harganya bisa lebih murah jika dibandingkan dengan produk import, karena produk dalam negeri banyak jumlah ragamnya yang memiliki kwalitas tinggi melebihi marmer dari luar negeri lho, makanya kita patut berbangga menjadi bangsa Indonesia yang kaya akan ragam tambang yang kita miliki.

Proses panjang dari tahap pemerolehan bahan mentah sampai siap pasang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan ini merupakan pekerjaan yang super berat. Nah, mari kita mulai langkah aplikasi marmer pada rumah Anda.dimulai dari tahap memilih, ada tiga hal yang patut diperhatikan.

Pertama ialah kandungan unsur materialnya harus seragam antara potongan satu bahan dengan potongan bahan yang lainnya, biasanya produsen berani melakukan uji teknis terhadap produk tersebut, dan keseragaman bahan ini merupakan bagian terpenting dari pemilihan bahan marmer.

Kedua dengan memperhatikan teksturnya, marmer dengan tekstur natural lebih eksklusif dibandingkan buatan tangan,

Ketiga bisa dengan melihat guratan keretakan yang ditimbulkan dari proses eksplorasi bahan,karena setiap proses eksplorasi bahan baku marmer selalu meninggalkan bekas yang cukup banyak ketika tekstur bahan marmer anda berkwalitas rendah.

Cara ini gampang, Anda hanya perlu melihat tampilan permukaannya, untuk pilihan marmer lokal, banyak yang sudah pantas dijadikan material lantai Anda. Selain harga yang lebih murah dibandingkan marmer impor, buatan lokal juga cenderung lebih natural. Tidak terlalu banyak terkena sentuhan manusia dalam hal desainnya.

Well, semoga bisa membantu Anda dalam memilih Marmer berkualitas 🙂

 

Tips Memilih Lantai Granit


Memutuskan membeli granit untuk lantai, dapur, dan bahkan kamar mandi adalahkeputusan besar dan mungkin terasa sulit, karena granit adalah material yang cukupmahal harganya.Granit yang diaplikasikan memberikan kesan modern dan halus.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli granit untuk dapur, westafel, lantai atau kamar mandi.Pertama yang perlu ditekankan adalah bahwa granit merupakan material mahal. Pastikan Anda bisa mendapatkan pola dan warna yang sama untuk menutupi seluruh ruangan yang Anda ingin pasang. Harga Granit bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan per slab, tergantung jenis dan dari negara mana asal granit tersebut. Jika memiliki ruangan 100 meter persegi dan ruangan tersebut agak rumit, akan semakin sulit bagi toko utk mencocokan dengan bagian lain. Pola yang lebih seragam akan lebih murah dan lebih mudah untuk memasangnya.

Kedua keseragaman granit yang tersedia agak sulit diperoleh, karena granit diciptakan tidak semua sama. Selain itu, Mungkin Anda tidak bisa mendapatkan cukup dari satu lempengan granit untuk menutup seluruh ruang. Perhatikan juga dari warna dan pola dari granit. Karena batu alam tersedia dalam warna dan pola terbatas, ini dapat mempengaruhi apakah Anda memutuskan untuk jadi granit atau material lain untuk ruangan Anda.

Ketiga yang Anda harus ketahui adalah bahwa pengukuran, pemotongan, pemasangan dan poles granit harus diserahkan kepada ahlinya. Jika Anda salah memilih jasa tukang granit, ini akan berakibat fatal. Setelah granit dipotong-potong,  jika terjadi kesalahan Anda akan mengeluarkan cost yang besar, oleh sebabnya Anda wajib mengukur dengan seksama. Biarkan profesional mengambil pengukuran untuk Anda dan melakukan semua pekerjaan kecuali Anda telah melakukan hal ini sebelumnya dan yakin Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Keempat Granit perlu dicoating/diseal sebelum Anda dapat menempatkan makanan dan barang-barang lain di atasnya, karena batu berpori dan akan mudah kena noda. Ini perlu diseal sekitar setahun sekali untuk membantu melestarikan daya tahan.

Bagaimana? Anda tetrtarik untuk menjadikan granit sebagai penghias ruangan?

Semoga informasi ini dapat membantu anda memilih Granit berkualitas utk Anda 🙂

Leave a comment